Mutiara Air Tawar Lombok, di Mana dibudidaya?

6 Oktober 2018

mutiara tawar lombok

Mungkin ada yang sempat bertanya-tanya, di mana mutiara ar tawar Lombok dibudidaya?

Walaupun asal muasal mutiara terlahir dari kerang air laut, kerang air tawar yang hidup di kolam, danau dan sungai juga bisa menghasilkan mutiara. Inilah yang disebut dengan mutiara air tawar.

Sejak abad ke-13, Cina sudah memanen mutiara air tawar dibentuk mabe. Sekarang ia sudah memimpin dunia yang tak terbantahkan dalam memproduksi mutiara air tawar.

Selain Cina, Amerika Serikat juga menghasilkan mutiara airtawar. Dimulai sejak abad ke19.  Perkembangannya meningkat secara signifikan. Sampai akhirnya pencemaran mengurangi jumlah kerang yang memproduksi mutiara yang ada di AS.

Mutiara tawar yang dijual di Lombok bukanlah produk lokal Lombok. Karena di pulau seribu masjid ini tidak ada pembudidayaan mutiara tawar. Bahkan secara umum, di Indonesia sendiri tidak ada budidaya mutiara air tawar. Yang ada di Lombok hanya pembudidayaan mutiara laut atau South Sea Pearl dari jenis kerang "Pinctada Maxima" dan kebanyakan yang berjenis Yellow, white lips. Berwarna putih hingga keemasan.

Lantas dari mana datangnya mutiara tawar yang di Lombok. Terus terang kamipun tidak tahu persis asalnya dari mana. Karena banyak pemasoknya. Kemungkinan besar dari Cina. Karena sekarang ini ia tercatat sebagai produsen mutiara air tawar terbesar di dunia.

Di antara perbedaan mutiara tawar secara umum bahwa mutiara tawar tidak sebulat mutiara air laut. Meski dalam beberapa grade, khususnya mutiara tawar super, bisa sama bulatnya. Dan mutiara tawar tidak mempunyai kilauan-kilauan tajam seperti mutiara akoya (mutiara air asin tapi berbeda dengan south sea pearl). Untuk kepadatan nacre, ia sama seperti mutiara air laut. Ia cukup awet dan tahan pecah.


Tetapi, ia muncul dengan aneka bentuk dan warna alami, dan ia cenderung lebih murah dibanding dengan mutiara air asin. Hal inilah yang membuat mutiara tawar lebih populer dan lebih diminati oleh pasar dalam negeri. Khususnya untuk kalangan menengah ke bawah.

Dan bahkan, perancang perhiasan mutara Lombok lebih dominan menggunakan mutiara tawar. Dikreasikan dalam bentuk gelang, anting & giwang, cincin, kalung liontin dan bros.


Disadur dari www.pearl-guide.com