5 Cara Mudah Membedakan Mutiara Asli dan Palsu

21 Oktober 2019

Masih bingung cara membedakan mutiara asli dan palsu? Atau justru Anda sudah sangat familiar dengan barang cantik nan eksotik ini?

Baca Juga: Grosir Bros Mutiara Lombok

Berikut cara mengenali mutiara asli dan palsu agar tidak mudah tertipu. Karena bagi yang belum familiar akan mudah terkecoh oleh bentuk yang bias jadi sangat mirip.

1. Anda bisa mencoba untuk membakar mutiaranya.

Cobalah untuk membakar mutiara di atas nyala api sebuah lilin. Jika meleleh, berarti mutiara yang Anda miliki palsu. Mutiara asli dia tidak akan meleleh. Menghitam sedikit, tapi jika kita lap dengan tissue biasa, permukaan akan kembali ke awal, mulus.

Gigit Mutiara

2. Dengan menggesekkan mutiara tersebut ke permukaan gigi bagian depan Anda.

Jika terasa kesat dan agak berpasir, berarti itu mutiara asli. Mutiara palsu akan terasa licin permukaannya. Cara lain bisa dengan digigit. Sama seperti tadi, jika terasa kesat dan agak berpasir, artinya mutiara tersebut asli. Mutiara asli juga tidak akan berbekas jika digigit. Tapi jangan menggigitnya terlalu kencang atau kasar ya? Mutiara palsu jika digigit akan terasa halus. Dan umumnya akan sedikit berbekas.

Gesek Mutiara

3. Dengan menggesekkan 2 mutiara dari sepasang anting yang Anda miliki.

Jika keduanya terasa kesat, agak berpasir, dan teskturnya terasa tidak sempurna, artinya mutiara tersebut asli. Mutiara palsu akan terasa licin dan teksturnya terasa sempurna.

Gosok Mutiara Di Kaca

4. Dengan cara digesek di permukaan kaca.

Mutiara asli akan meninggalkan bekas seperti kapur pada permukaan kaca tersebut, namun tidak akan membuat rusak mutiaranya, sedangkan mutiara palsu akan rusak.

5. Cara lainnya adalah dengan meneteskan cairan aseton ke permukaan mutiara. JIka setelah diteteskan ternyata mutiara itu semakin bersih, artinya mutiara yang Anda miliki asli. Tapi jika ternyata buram atau luntur, itu bukanlah mutiara asli.

Ingin info lebih banyak tentang mutiara? Chat langsung via whatsap 085933022522.