Perbedaan Xuping dan Rhodium

18 Desember 2019

Logo Xuping“Apa sih perbedaan Xuping dan Rhodium?”

Kerap kali pertanyaan itu terlontar dari para pecinta perhiasan mutiara Lombok. Yah, sudah jamak di sini akan penyebutan dua hal itu.

Maka jawaban simpelnya, “Kalau Xuping itu brand tapi kalu rhodium nama logam.” Lho kok bisa?

Terus kalau ada yang bilang, “ Ini bahannya Xuping, kalau ini bahannya rhodium.” Itu gimana?

Nah inilah letak kesalahan yang jamak terjadi khususnya di kalangan para penjual perhiasan mutiara Lombok. Asal ngikut, tapi tak tahu hakikatnya. Saya juga pernah beratanya-tanya dulu. Saat mengawali jualan produk khas ini.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Mutiara Air Laut dan Mutiara Air Tawar. Jangan Sampai Salah Pilih!

Oke saya jelaskan.

Sebelum menjelaskan tentang Xuping, saya jelaskan terlebih dahulu tentang perhiasan rhodium. Jadi, perhiasan rhodium yang jamak dijual di Lombok itu berbahan tembaga/kuningn/nikel. Yang kemudian dilapisi oleh logam rhodium (warna silver) dan dilapisi emas (warna gold). Dan terakhir finishing dengan clear.

Sehingga banyak yang bilang, rhodium lapis emas 18 K, 22 K, 23 K. Nah kalau kadar emasnya saya tidak bisa menjelaskan karena belum pernah dialog langsung dengan produsennya. Perhiasan ini sendiri diproduksi di China. Alias made ini China.

Maka sebenarnya, yang pas disebut rhodium itu yang warna silver. Bukan gold. Tapi anggap itu sebatas nama untuk jenis perhiasan tersebut. Agar mudah membedakannya.

Lantas bagaimana dengan Xuping?

Xuping adalah nama brand yang memproduksi perhiasan rhodium. Dan biasanya di setiap produknya terdapat logo brand tersebut.

Kalau memang sebuah brand, berarti ada brand lain selai Xuping?

Betul sekali. Ada Yaxiya, Tell You, TNR, Jin Yi Ping, dll. Tapi yang banyak beredar dari produk Yaxiya dan Xuping.

Bagaimana dengan kualitasnya?

Terkait dengan kualitas, itu tergantung produsennya. Karena perhiasan rhodium sendiri banyak yang KW. Dengan harga berbanding 50%. Alias setengah harga dari yang asli.

Maka hati-hati saja jika dapat harga yang murah jauh di luar harga pasar. Jangan mudah tergiur.

Di mana letak kelemahan yang KW? Letaknya pada logam yang dijadikan bahan perhiasan tersebut. Termasuk kualitas plating dan finishing. Sehingga, meski tidak dipakai bisa menghitam sendiri. Dalam jangka waktu tertentu.

Bagaimana membedakannya?

Untuk membedakan sangat sulit, jika tidak terbiasa bergelut dengan produk tersebut. Jadi jika belum pengalaman, serahkan saja sama yang sudah terpercaya.

Toko RML, sangat menjaga dalam hal ini. Enggan menjual barang KW.

Dulu pernah beli beberapa kali. Sebelum tahu kalau itu KW. Namun ketika dismipan di etalase, beberapa bulan kemudian ia mengitam terlebih dahulu. Tidak seperti yang lain. Yang dibeli dengan harga normal. Bahkan setelah dicrom ulang, tetap saja menghitam. Dan ternyata, bahan yang dipakai berkualiats rendah. Sehingga harga sangat murah.

So. Hati-hati saja. Jangan sampai salah beli. Dan belilah pada tempat yang bisa dipercaya.