Bagaiaman Cara Membedakan Grade Mutiara Laut? Ini Jawabbnya!!

3 Februari 2020

Banyak kostumer yang masih awam akan mutiara kerap beratanya soal yang satu ini, Grade Mutiara.

Ya. Ini poin penting dalam dunia perhisan yang unik ini. Dari sini kita bisa menentukan harga jual yang cocok. Mutiara, tak memiliki standar harga, misteri. Yang penting sama-sama oke, deal.

Untuk Grade itu sendiri bianya menggunakan istilah Grade AAA, AA, A, B dan Low Grade. Toko Rana Mutiara Lombok bisa menjual dengan grade standar, yaitu grade A. Dan di bawahnya. Untuk Grade di atasnya hanya untuk kalangan tertentu yang siap meminang dengan budget lebih.

Apa saja yang menentukan grade pada mutiara?

1. Bentuk

Mutiara laut memiliki bergai bentuk. Untuk mutiara budidaya, ada yang ebrbentuk bulat, lonjong, drop, oval, pipih dan baroque (tidak bertauran). Secara umum berbentuk bulat. Dihasilkan dari nukleus bulat. Semakin sempurna bulatnya, akan menjadikan grade mutiara semakin tinggi.

2. Warna

Warna mutiara laut Lombok bermacam-macam. Tapi tidak jauh dari warna gold atau keemasan. Karena dihasilkan dari kerang bibir emas. Inilah yang menjadikan mutiara laut Lombok semakin diminati. Semakin pekat warnanya akan semakin tinggi gradenya dan semakin mahal harganya.

3. Kilau

Di samping warna, kilau mutiara juga mempengaruhi grade mutiara. Orang-orang biasanya disebutkan sebagai cahaya. Semakin berkilau atau ebrcahaya makan akan semakin tinggi gradenya.

4. Ketebalan Kulit Mutiara

Mutiara dihasilkan dari air liur kerang yang menempel pada butiran yang masuk ke dalam mantel kerang. Biasanya disebut nukleus. Semakin tebal kulitnya akans emakin tinggi gradenya.

Bagaimana mengetahui ketebalan kulit mutiara? Bagi yang sudah terbiasa akan kelihatan amna yang kulitnya tipis mana yang tebal. Bagi yang belum tahu, bisa dengan cara melingkarkan jari ke butiran mutiara lalu didekatkan ke bola lampu. Kemudian diterawang. Semakin tebal akan semakin gelap.

5. Spot

Karea mutiara terbentuk dari alam, maka belum tentu menhasilkan mutiara yang sempurna. Bisa saja ada cacatnya. Bisanya disebut spot atau titik. Semakin mulus atau semakin sedikit spotnya akan semakin tinggi gradenya.

Bagi yang belum faham mutiara, biasanya akan protes. “Kok banyak lukanya?” Ya tentu. Karena ini bukan sintetis jadi bisa saja ada titiknya. Jika ingin dapat yang mulus tanpa spot, Carilah yang yang memiliki grade AA dan AAA. Asalkan siap menyediakan budget di atas 1 juta/gram.

6. Ukuran

Sebenarnya, ukuran mutiara tidak mempengaruhi grade. Namun demikin, ia sangat berpengaruh pada harga. Ukuran di atas 4 Gr dengan dimaater sekitar 14 MM, sudah berbeda haragnya dengan yang ukuran di bawahnya. Meski secara tampilan kurang bagus. Atau belum menyebtuh grade A.

Apalagi jika memiliki ukuran di atas rata-rata. Maka ia akan menjadi barang langka dan harganya selangit. Pernah ada yang menjual seharga mobil Avanza. Untuk satu butir mutiara. Padahal secara Grade Cuma Grade B. Namun karena ukuran 19 MM, ia dipatok dengan harga yang sangat tinggi.